Sunday, October 30, 2016

Mesjid dan Makam Sayyidah Zainab






Sayyidah Zainab ra. dilahirkan pada tahun ke 6 H, dua tahun setelah kelahiran Hasan dan Husen. Zainab adalah nama yang diberikan oleh kakeknya Rasulullah. Putri dari Fatimah dan Ali bin Abi Thalib ini merupakan wanita pertama yang berperan di pangung politik dalam Islam.

Ia tiba di Mesir pada bulan Sya'ban tahun 61 H disebabkan permintaan Gubernur Madinah untuk meningalkan kota tersebut. Setahun di Mesir, Sayyidah wafat pada tahun 62 H. Makamnya terletak di daerah yang dikenal dengan Maidan Sayyidah Zainab, Kairo.

Adapun Mesjid di bangun sesama dengan mesjid Husen. Lalu direnovasi tahun 1548 dan dibangun kembali tahun 1761. Penyempurnaan bangunan dilakukan tahun 1884 dan 1942.

Dengan sebuah menara bercorak Mamallik dan kuba di depannya, mesjid yang berbentuk empat persei panjang ini memiliki interior terbuat dari batu pualam dan batu biasa. Makan Sayyidah Zainab ra. berada di bagian tengah sisi kiri atau sebelah kiri pintu masuk laki-laki. Di bagian depan mesjid terdapat kuburan Syaikh itris, seorang ahli tasawuf dan fiqih dalam mazhab Syafi'i.

Di mesjid ini, sekarang dibuka perpustakaan manuskrip islami di bawah naungan Kementrian Wakaf Mesir.

No comments:

Post a Comment