Friday, October 27, 2017

Mesjid Dan Makam Sayyidina Husen


Bentuk Mesjid Husen jika di lihat dari depan



Siapa yang tak kenal dengan Sayyidina Husen. Permata hati Rasulullah. Beliau dilahirkan oleh ibunda Fathima ra. tangal 5 Sya'ban tahun ke 4 H. Kala Perang Karbala, Irak, Beliau syahid menghadapi pasukan Yazid bin Muawiyah. Ketika Syahid disebutkan bahwa di tubuhnya terdapat 33 tusukan tombak dan anak panah.

Di mesjid yang terdapat di kawasan husen, dimakamkan (kepala) Sayyidina Husen yang semula di kuburkan di Asqalan.(palestina). Namun oleh Dinasti Fathimiyah dipindahkan ke Kairo. Dalam versi lain dikatakan, semasa Dinasti Turki Usmani makam ini telah dipindahkan ke Turki. Bagaimana pun juga, tentang kesahihan ada tidaknya bagian jasad Sayyidina Husen di mesjid ini masih di perselisikan.

Banyak peningalan Sejarah yang tersimpan di dalam Mesjid ini, seperti sepotong pakaian Nabi Saw., sebuah alat penghitam bulu mata milik Rasulullah, Al-Quran yang ditulis Imam Ali dan Al-Quran  yang dibaca khalifah Usman ketika Beliau terbunuh (kedua Al-Quran tersebut ditulis pada kulit kijang yang tipis).

Mesjid yang terletak di samping Mesjid Al-Azhar ini memiliki dua menara bercorak Turki yang dapat dibuka seperti payung. Di samping banyak diziarahi, khususnya kau terekat Sufi, di sini juga sering diadakan peringatan hari besar Islam.


No comments:

Post a Comment